Jumat, 26 September 2014

BEKAM ( Cara pengobatan cara nabi )

Bekam (hijamah) yaitu proses pengeluaran darah (kotor) melalui urat yaitu urat vena (harus tau letak pasti urat vena)  secara total, khususnya urat yang tidak sering dilakukan venesection (pengeluaran darah kotor) ( masing-masing urat memiliki manfaat tersendiri )
bekam dapat dilakukan dengan cara menyayat sedikit bagian kulit dengan pisau atau jarum khusus     dan steril yang dimana terdapat urat yang mengalirkan darah lalu mengeluarkan darah dengan cara menyedot darah itu keluar. ada beberapa macam teknik dalam mengeluarkan atau menyedot darah yaitu : dengan api dan pemompa.

Syarat-syarat berbekam :
- tidak boleh dilakukan pada anak kecil
-tidak boleh dilakukan pada orang yang sudah tua renta
-pisau yang digunakan harus tajam dan terasah juga harus steril.
-pisau harus kering (tidak basah) karena karena hal itu akan menimbulkan rasa sakit.

Hati-hati terhadap pembuluh arteri/urat nadi !!!
penanggulangannya :
-jika orang melakukan bekam melakukan kesalahan yaitu menyentuh urat arteri dengan pisau bekam  sehingga darah terus mengalir dan susah berhenti , pada saat itu obat penahan dan pembeku darah tidak lagi bermanfaat sehingga yang dibutuhkan pada saat itu adalah kompresi ( penekanan )
-Pada saat pengikatan digunakan obat-obatan antibiotik, antiseptik,pembeku darah seperti jadam dan tanaman dragon's blood, dan obat-obatan sejenisnya , kemudian ditutup agar darah dapat membeku dan di balut dengan kuat dan kompresi.

Manfaat dan tempat-tempat yang bisa dilakukan bekam :

1. Pada urat vena di tengah hasta tempat yang disuntik ( bermanfaat bagi penyakit (otot) leher dan tulang rusuk bagian bawah dekat perut.
2.Pada urat diatas hasta ( bermanfaat bagi orang yang mimisan )
3. Pada urat vena basilic ( pembuluh vena ) bermanfaat bagi penyakit liver dan limpa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar